ASUS ZenPower Atom, Powerbank Bertenaga Nuklir

Hari ini ramai dibicarakan di berbagai sosial media bahwa ASUS, produsen perangkat komputer, telekomunikasi dan aksesoris mobile menghadirkan powerbank terbaru. Namanya ASUS ZenPower Atom. Apa sih sebenarnya ZenPower Atom itu?

Mengacu pada informasi yang dicantumkan, ASUS ZenPower Atom ini merupakan sebuah powerbank yang bisa melakukan pengisian ulang baterainya sendiri berkat energi nuklir yang digunakan. Ini dimungkinkan oleh teknologi nuclear spent fuel reprocessing yang mampu memproses kembali bahan bakar nuklir habis pakai.

Seperti apa bentuknya? Berikut penampilan ASUS ZenPower Atom seperti yang beredar di media sosial baru-baru ini.


Bagaimana cara kerjanya? Belum ada informasi yang lebih jauh dari pihak ASUS. Namun mengutip dari Info Energi, ada teknologi yang disebut nuclear spent fuel reprocessing, atau pemrosesan kembali bahan bakar nuklir habis pakai.

Dengan teknologi ini, sebagian bahan bakar habis pakai dapat digunakan kembali, sehingga cadangan uranium alam yang ada bisa digunakan untuk jangka waktu yang jauh lebih panjang, mungkin hingga ribuan tahun. Nah, ada kemungkinan, teknologi inilah yang diterapkan pada ASUS ZenPower Atom.

Namun demikian, masih dikutip dari Info Energi, spent fuel reprocessing mengandung resiko paparan radiasi yang sangat tinggi karena proses ini dilakukan di luar reaktor dan melibatkan proses kimia yang relatif kompleks serta rentan kecelakaan.

Pada video berikut ini, Anda bisa melihat contoh apa yang terjadi dengan ZenPower Atom jika powerbank tersebut tertinggal di dalam mobil yang diparkir di bawah sinar matahari:


Ngeri kan?

No comments

Powered by Blogger.