Review Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Xiaomi merupakan salah satu produsen smartphone yang paling pesat pertumbuhannya, termasuk di Indonesia. Hadir dengan produk berspesifikasi salah satu yang terbaik di kelasnya, smartphone besutan perusahaan asal Tiongkok ini umumnya dipasarkan di harga yang "merusak pasar". Tentunya dalam konotasi positif di mata pengguna. Sama seperti strategi yang ditetapkan oleh produsen lain seperti Asus ataupun Lenovo.

Salah satu varian terbaru Xiaomi yang tersedia di pasaran Indonesia adalah Redmi Note 3 Pro. Berbeda dengan varian Redmi Note 3 polos, tanpa embel-embel Pro, Redmi Note 3 Pro sudah menggunakan salah satu prosesor terbaru Qualcomm yakni Snapdragon 650. Adapun varian Redmi Note 3 polos menggunakan chip andalan MediaTek, yakni Helio X10. Seperti apa Redmi Note 3 Pro? Berikut sedikit ulasannya:

Kemasan dan Desain
Produk yang kita ulas kali ini didistribusikan oleh Global Mobile Technologie (B-Cell). Distributor ini dikenal sebagai salah satu distributor yang paling cepat dalam menghadirkan produk-produk berteknologi terbaru ke pasaran Indonesia.

Dalam kemasannya, Xiaomi Redmi Note 3 Pro menyediakan buku manual berbahasa Indonesia, 4 lembar panduan penggunaan (dalam bahasa Mandarin), kabel USB, serta kepala charger dengan konektor US. Cukup standar untuk kemasan penjualan smartphone di Indonesia.

Dari sisi desain, Redmi Note 3 Pro menggunakan bentuk unibody dengan balutan material metal. Smartphone yang dipasarkan di harga kisaran Rp2,75 juta ini punya dimensi 150 x 76 milimeter, serta ketebalan 8,7 milimeter.


Dengan ukuran tersebut, Xiaomi masih bisa memasangkan layar Full HD berukuran 5,5 inci karena ia punya screen-to-body ratio yang cukup besar yakni 72%. Cukup nyaman saat digenggam, namun sayangnya desain casing Redmi Note 3 Pro yang polos-mulus membuatnya sedikit licin saat digenggam. Adapun untuk bobot, beratnya mencapai 164 gram.

Di bagian belakang, tepat di bawah posisi kamera 16MP terdapat dual tone LED flash dan di bawahnya ada fingerprint sensor. Di sisi kanan, terdapat volume rocker dan power button. Di sisi kiri ada tray untuk menyimpan SIM1 dan SIM2 atau SIM1 dan MicroSD.

Di bagian atas ada port audio, mic sekaligus noise cancellation dan infrared port. Ini cukup menarik mengingat tidak banyak smartphone yang menyediakan port infrared. Namun dengan adanya port ini, pengguna bisa menjadikan smartphone sebagai remote TV, remote AC, dan perangkat lainnya yang mendukung. Di bagian bawah, tersedia port micro USB dan mic.

Spesifikasi dan Fitur
Berikut ini spesifikasi Xiaomi Redmi Note 3 Pro:


Dari spesifikasi, yang paling menarik adalah penggunaan prosesor Snapdragon 650 yang merupakan prosesor quad core 1,4GHz plus dual core 1,8GHz. Prosesor ini merupakan prosesor yang cukup mumpuni di kelas mainstream yang umumnya masih dihuni oleh prosesor Snapdragon 615 atau Snapdragon 616.

Smartphone dengan sistem operasi Android 5.1.1 dan MIUI 7 ini menggunakan RAM sebesar 2GB yang tersisa hanya 40%-nya saja saat dalam kondisi idle. Adapun internal storage yang sebesar 16GB tersisa sekitar 10GB saja untuk dipakai penggunanya. Kapasitas baterainya sendiri cukup besar, yakni 4.000mAh dan sudah mendukung fast charging untuk pengisian ulang lebih cepat.

Dari sisi fitur, MIUI7 memiliki antarmuka yang tidak berbeda jauh dengan MIUI sebelumnya. Desainnya tampak ringan dan tanpa app drawer. Banyak berbagai theme yang tersedia di Mi Store sehingga tampilan dapat diubah sesuai pengguna. Beberapa thema standart bawaan adalah High Life, Rose UI, Pink Blush dan Ocean Breeze.

Dari sisi kamera, Xiaomi Redmi Note 3 Pro menyediakan cukup banyak opsi memotret. Pengguna bisa melakukan eksperimen sendiri untuk mendapatkan hasil jepretan yang maksimal. Pengguna yang membutuhkan filter tambahan juga dapat terbantu dengan 12 pilihan filter yang akan memberikan efek berbeda pada hasil foto nantinya.

Berikut ini beberapa hasil foto yang didapat oleh Xiaomi Redmi Note 3 Pro:

Indoor (Auto)

Indoor (HDR)

Outdoor (Auto)
Outdoor (Scene: Flower)
Secara keseluruhan, kamera Xiaomi Redmi Note 3 Pro cukup mampu dalam mengambil foto untuk kebutuhan sehari-hari. Jika cahaya mencukupi, hasil jepretan terlihat cukup tajam dan cerah.

Performa dan Kesimpulan
Berikut ini hasil pengukuran yang kami lakukan terhadap Xiaomi Redmi Note 3 Pro menggunakan beberapa aplikasi benchmark yang umum digunakan:


Dari hasil benchmark, dapat kita lihat bahwa Xiaomi Redmi Note 3 Pro mampu bersaing dengan smartphone kompetitor yang harganya jauh lebih mahal. Misalnya HTC One M9 yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 810 dan dipasarkan di harga dua kali lipat atau LG G4 yang menggunakan Snapdragon 808 yang harganya juga jauh lebih tinggi.


Menggunakan Geekbench 3, kita juga bisa lihat bahwa baterai 4.000mAh yang digunakan Xiaomi Redmi Note 3 mampu memasok daya hingga 12 jam lebih. Dan yang menarik, saat diukur menggunakan Battery Monitor Widget, dapat kita lihat bahwa smartphone dapat terisi penuh dari kondisi di bawah 4 persen hanya dalam waktu sekitar 3 jam 20 menit saja. Ini dimungkinkan berkat dukungan teknologi fastcharging yang disediakan.


Meski dipasarkan di harga yang relatif mainstream, Xiaomi Redmi Note 3 Pro punya performa yang cukup mumpuni dan menjadi salah satu pilihan yang cukup menarik.

No comments

Powered by Blogger.