Huawei, Penguasa di Pasar Smartphone Terbesar Dunia

Sampai saat ini, pasar smartphone di negeri tirai bambu masih menjadi yang terbesar di seluruh dunia. Sebagai gambaran, satu dari tiga smartphone di dunia, yang dipasarkan antara April hingga Juni 2016, terjual di China.

Menurut data terbaru IDC, di sepanjang kuartal kedua tersebut, ada 111,2 juta unit smartphone dikirimkan ke pasar global. Di sisi lain, tiga produsen terbesar asal China berhasil menguasai sekitar 47 persen dari total seluruh penjualan, saat pasar terus berkonsolidasi.

Yang menarik, merek asal China seperti Huawei, Oppo dan Vivo lah yang mendominasi pasar negeri sendiri. Produsen utama global, seperti Samsung dan Apple sulit menyaingi ketiga pemain utama asal Tiongkok. Berikut ini data terakhir pasar smartphone China menurut IDC dan dikompilasi oleh Statista.

Sayangnya, tidak semua produsen asal negeri tersebut yang mengalami hasil baik. Xiaomi, produsen yang beberapa tahun lalu melejit pesat, kini mengalami penurunan penjualan hampir 40 persen karena tidak mampu bersaing dengan kompetitor setanah air mereka.

Mana yang jadi brand smartphone Anda saat ini?

No comments

Powered by Blogger.