Review ASUS ZenPower Pro, Powerbank Dua Port USB 10.050mAh

Asus memang belum lama fokus dalam penyediaan perangkat pemasok daya cadangan alias powerbank. Namun demikian, produk powerbank pertama mereka, yakni ZenPower, menawarkan sebuah kenyamanan sekaligus keamanan yang lebih baik bagi pengguna gadget yang gemar bepergian namun selalu aktif berkomunikasi dan terhubung.


Selain menampung daya yang cukup besar, 10.050mAh, ZenPower juga menyediakan berbagai fitur pengamanan agar gadget yang di-charge menggunakan powerbank tersebut tidak mengalami kerusakan akibat arus listrik yang tidak stabil, overheat, ataupun gangguan elektrikal lainnya.

Nah, sebagai bukti keseriusan Asus menghadirkan powerbank berteknologi tinggi, kini produsen asal Taiwan tersebut menghadirkan ZenPower Pro. Perbedaan utama dibanding versi non Pro adalah ketersediaan dua port untuk charging di ZenPower Pro. Dan tidak hanya sekadar charging, salah satu port tersebut juga sudah mendukung fast charging. Mari kita bahas!

Kelengkapan dan Spesifikasi
Sepintas, tak ada perbedaan antara kemasan Asus ZenPower dengan Asus ZenPower Pro. Meski demikian, jika ditelaah lebih lanjut, boks ZenPower Pro sedikit lebih panjang dan tentunya dari gambarnya Anda bisa lihat. ZenPower Pro punya dua port USB untuk charging gadget kita.


Sama seperti sebelumnya, kemasan ZenPower Pro juga minimalis dan efisien. Hanya unit powerbank-nya, kartu garansi, manual dan kabel USB untuk charging. Sayangnya meski menyediakan dua port, hanya 1 kabel USB yang disertakan untuk mengisi ulang baterai gadget. Selain itu juga tidak ada adapter untuk mengisi ulang baterai ZenPower Pro-nya itu sendiri.

Tetapi logikanya, kalau kita beli gadget, kita sudah dapat charger untuk mengisi ulang dari PLN dan charger itu sama dengan charger ZenPower Pro. Jadi, tidak perlu punya barang yang sama lebih dari satu, bukan? Toh sudah ada charger punya gadget kita tadi kalau mau mengisi powerbank.


Di sisi bawah, kita bisa melihat informasi lengkap terkait powerbank ini. Secara teknis, kita bisa melihat bahwa ZenPower Pro ABTU010 10.050mAh ini menawarkan 2 input yang punya kemampuan yang berbeda. Port output pertama mampu mengisi dengan arus 2,4A atau 2A atau 1,5A sementara port output kedua mampu mengalirkan arus 2.4A.


Di sisi sebaliknya, tersedia port MicroUSB untuk mengisi ulang powerbank, 4 buah LED indicator untuk mengetahui kondisi kapasitas baterai dan juga terdapat LED yang bisa berfungsi sebagai senter. Di sebelah kiri merupakan port output 1 yang mendukung fitur Qualcomm Quick Charge 2.0 dan di sebelah kanan adalah port output 2.

Pengujian
Dalam pengujian, kita menggunakan Zenfone 2 Laser yang memiliki baterai berkapasitas 3.000mAh. Kami juga melakukan pengukuran arus yang ditransmisikan dari powerbank ke smartphone untuk mengisi ulang baterainya menggunakan 2 aplikasi yakni Charger Tester dan Battery Monitor Widget.

Meski tidak 100 persen akurat, namun kedua aplikasi tersebut dapat memberikan informasi kisaran arus yang sedang ditransfer dari powerbank ke baterai pada smartphone. Berikut ini hasil yang kami dapatkan dari powerbank yang dipasarkan di harga Rp399.000 tersebut:

Jika kami melakukan pengisian dari port 1, Charger Tester menyebutkan bahwa arus yang dihantarkan sebesar 1425mA. Adapun Battery Monitor Widget menyatakan bahwa arus pengisian baterai sebesar 1797mA.



Jika melakukan pengisian ulang dari port 2, Charger Tester menyebutkan bahwa arus yang dihantarkan sebesar 967mA. Adapun Battery Monitor Widget menyatakan bahwa arus pengisian baterai sebesar 1465mA.



Secara total, ZenPower Pro ini mampu mengisi ulang baterai ASUS Zenfone 2 Laser hingga 2 kali sampai penuh dan masih menyisakan sedikit energi untuk mengisi ulang baterai lain. Kalau Anda membawa dua gadget kemana-mana dalam satu waktu, misalnya smartphone dan tablet, powerbank ini punya energi yang cukup untuk mengisi ulang keduanya.

Dari sisi durasi pengisian ulang, menggunakan aplikasi Battery Monitor Widget, dapat dilihat bahwa pengisian ulang baterai dari kondisi 5 persen sampai penuh (100 persen) membutuhkan waktu sekitar 2 jam 13 menit. Waktu ini tentunya bisa lebih singkat jika smartphone yang diisi ulang mendukung fitur quick charging juga. Misalnya Zenfone 2 versi Intel yakni ZE551ML.


Akhir kata, ASUS ZenPower Pro ABTU010 10.050mAh ini sangat menarik untuk dibawa kemanapun kita pergi. Hadirnya port extra dibanding sebelumnya, apalagi dukungan fast charging membuat pengalaman berjalan-jalan sambil ber-gadget-ria kita semakin sempurna karena masalah kehabisan baterai kini sudah ada solusinya!

No comments

Powered by Blogger.