Oppo F3 vs Xiaomi Redmi Note 4. Mending Mana?

Saat ini semakin banyak produsen smartphone yang bermain di segmen ukuran layar 5,5 inci. Pasalnya, tren sedang mengarah ke ukuran tersebut. Selain karena masih cukup kompak untuk digengam, ukuran layar 5,5 inci pun relatif nyaman dipandang mengingat aplikasi multimedia saat ini sudah semakin kaya konten dan tidak nyaman ditonton di layar ukuran 5 inci ke bawah.

Dari sekian banyak model, di pasaran, ada dua smartphone 5,5 inci yang serius bertarung. Oppo hadir dengan seri F3 nya, dan Xiaomi dengan Redmi Note 4-nya. Kalau sedang mencari smartphone 5,5 inc, mana yang lebih mendingan? Berikut ini kita sedikit mengadu kedua smartphone itu dari sisi spesifikasi yang ditawarkan.

Jaringan dan SIM
Kedua smartphone mendukung dual SIM dan konektivitas 4G. Namun demikian, Oppo menyediakan dua slot murni untuk SIM card dan satu slot ekstra untuk microSD. Sementara Redmi Note 4 menyediakan slot Hybrid. Artinya, hanya 1 slot SIM yang tersedia kalau kita perlu memasang microSD card.

Dimensi dan Bobot
Oppo F3 hadir dengan ukuran 153,3 x 75,2 x 7,3 milimeter dengan bobot 153 gram. Adapun Xiaomi Redmi Note 4 punya dimensi yang sedikit lebih pendek tetapi tebal yakni 151 x 76 x 8,5mm dan bobot sedikit lebih berat, yakni 165 gram.

Resolusi dan Display
Kedua smartphone sama-sama hadir dengan layar 5,5 inci resolusi Full HD 1920x1080 jenis LCD IPS. Yang menarik, Oppo F3 sudah diperkuat dengan lapisan Corning Gorilla Glass 5, sehingga lebih tahan terhadap goresan, khususnya jika sering dimasukkan dalam saku dan bergabung dengan kunci rumah atau kendaraan.

CPU, RAM, Storage dan OS
Dari sisi dapur pacu, Oppo F3 diperkuat chip Mediatek MT6750T octa-core berkecepatan 1,5GHz dengan GPU Mali-T860MP2. Adapun Redmi Note 4 diperkuat Qualcomm Snapdragon 625 octa-core berkecepatan 2GHz serta Adreno 506 yang jauh lebih bertenaga. Keduanya juga tersedia dengan pilihan RAM 4GB dan storage 64GB. Kedua smartphone hadir dengan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow, namun Redmi Note 4 akan mendapat Android Nougat. Tidak ada informasi apakah Oppo akan merilis update OS untuk F3 tersebut.

Kamera
Untuk memotret, Oppo F3 punya kamera belakang 13MP dengan bukaan f/2.2, punya PDAF dan mendukung LED flash. Tetapi, Redmi Note 4 di tas kertas sedikit lebih baik karena bukaannya f/2.0 dan flash-nya mendukung dual-tone.

Untuk kamera depan, Oppo F3 yang dijuluki sebagai pakar selfie punya dual camera 16MP dengan bukaan f/2.0 dan kamera kedua beresolusi 8MP denga bukan f2.4. Xiaomi? Kamera depannya hanya 5MP namn dengan bukaan f/2.0.

Baterai
Dari sisi baterai, Oppo F3 punya baterai lithium-ion 3.200mAh, sementara Xiaomi Redmi Note 4 lebih besar dengan baterai lithium-polymer 4.100mAh.

Kesimpulan
Dari spesifikasi di atas, terlihat bahwa untuk urusan adu kinerja, Redmi Note 4 menawarkan keunggulan lebih baik. Dari sisi kamera belakang, teknologinya juga lebih baik. Demikian pula untuk baterainya. Namun demikian, kalau Anda gemar selfie dan tidak ingin layar smartphone-nya lekas tergores, Oppo F3 lebih cocok untuk Anda. Bagaiana dari sisi harga? Saat ini Oppo F3 dapat ditebus di kisaran harga Rp3,999 jutaan, sementara Xiaomi Redmi Note 4 dapat dibeli di pasaran di harga sekitar Rp2,625 jutaan.

No comments

Powered by Blogger.